Friday, October 12, 2018

Biskertas - PO Pandawa 87 Jetbus 3+ UHD

Berwarna abu-abu dengan desain livery unik dan rumit menghiasi bus buatan karoseri Adiputro ini. Tidak hanya itu, walau terlihat sangat tinggi semampai, bus ini ternyata hanya memiliki single deck. Karoseri dari Malang, Jawa Timur ini menamakannya Jetbus 3+ Ultra High Deck (UHD). Model bus ini merupakan model Jetbus 3 terbaru yang diluncurkan bersamaan dengan pameran GIIAS Agustus 2018 lalu. Jetbus UHD menyusul sejumlah model big bus Adiputro yang sebelumnya sudah laris di pasar bus nasional seperti Jetbus 3 HDD dan Jetbus 3 SHD.

Saking tingginya, eksterior UHD ini tampak seperti bus tingkat model Jetbus 2 SDD (Super Double Decker). Tinggi bus ini dari tanah berkisar 4 meter, hampir sama dengan tinggi SDD yang mencapai 4.150 mm. Sementara Jetbus SHD 3.850 mm dan Jetbus HDD 3.770 mm. Bongsornya UHD ini menyediakan kapasitas bagasi yang sangat luas. Bahkan batas tinggi bagasi melebihi tinggi rata-rata orang dewasa. Motor, gerobang, kambing, bahkan sapi dijamin muat masuk di dalamnya. :) Sementara untuk menggapai deck atas, penumpang dapat melewati tangga di pintu tengah dan juga di pintu depan samping pak sopir.

Kali ini mesin yang ditanam di UHD yaitu Mercy OC500 RF 2542. Mesin model ini pertama kali dipamerkan di Indonesia ketika IIMS 2014 di JIExpo Kemayoran. Juga menggunakan body besutan Adiputro, kala itu RF 2542 masih dipamerkan menggunakan model Jetbus 2 HD. Dimensi chassis mesin ini super panjang menyerupai mesin serupa, Scania K410. Menggunakan tiga sumbu roda, secara keseluruhan panjang UHD dapat mencapai 13,5 meter. Lebih panjang dari bus biasa yang hanya 12 meter saja.

Kini bus model terbaru Adiputro ini telah resmi diboyong PO yang bermarkas di Boyolali, PO Pandawa 87. PO ini memang terkenal dengan koleksi armada dengan chassis premiumnya. Mulai dari Mercy OH 1626, Mercy OH 1830, Mercy OH 1836, hingga Scania K410 ada di sana. Bahkan Mercy RF2542 yang dipamerkan di IIMS 2014 juga ada di garasi Pandawa 87 dalam kondisi yang masih sangat prima. Benar saja, selain memiliki koleksi armada kelas premium, PO ini juga sangat baik dalam hal perawatan untuk setiap aramadanya. Kini garasi PO ini tidak hanya ada di Boyolali, namun juga telah merambah hingga Malang, Pasuruan, dan Cianjur di Jawa Barat.

Silahkan dikreasikan. Disarankan, pola ini diprint di kertas ukuran A4 dengan tipe kertas Blues White (BW) 260 gr. Selamat mencoba.




Link : https://drive.google.com/open?id=1zvFla3x9lxXeoFAR6AxF2MX4ynPHr3a2

28 comments:

  1. Bang tolong dong kasih spionnya biar matep!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari kemarin2 mau buat spion, tp kok emang males buatnya.. Besok kapan2 buat khusus edisi spion..

      Delete
  2. Mas bikinin pandawa 87 yg jb3shd yg biru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg jetbus 2 biru dah pernah ada & ada di blog ini..

      Delete
  3. Bikinin sinar jaya mas all karoseri. Makasih

    ReplyDelete
  4. For mas krisna, thanks sudah berbagi pola" bus,semakin lama detailingnya semakin oke (menurut saya),so jd saya suka pola"nya,semoga blog ini semakin lebih baik kedepannya,special thanks buat mas krisna 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah makasih Bro Adrian.. Amin semoga jadi lebih kreatif coba rakit pola2ku..

      Delete
  5. Mas itu download nya bentuk PDF ya
    Kalo file gambar aslinya ada gak?? Yg HD biar gak blur pas di print

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya di PDF dengan resolusi tinggi. Kalo diprint sampai ukuran A1 pun masih bisa..

      Delete
  6. Izin mas, sama mau REQ body grand tourismo karoseri morodadi prima, pakai livery OBL

    ReplyDelete
  7. Mas khrisna makasih buat pola bisnya keren²,ohh ya aku boleh usul nga buatin stj yg xhd dong,makasih mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke siap mas. Tunggu ya. Akhir2nya waktunya g selo ini..

      Delete
  8. Semoga lebih maju,semangat kak krisna,jangan lupa bus stj series xhd ya mas.

    #suportcreatifity

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. mas bikinin bus putra pelangi sr2 sama bus als sr1

    ReplyDelete
  11. mas krisna bikinin bus tni ad makasih mas _/\_

    ReplyDelete
  12. semuanya pola nya bagus2 mas tambah lagi dong mas salam padang

    ReplyDelete