Thursday, April 26, 2018

Biskertas - PO Zaffina Jetbus 3 SHD

Perusahaan otobus (PO) Zaffina terbilang baru. PO yang bermarkas di Kota Bandung, Jawa Barat ini merupakan bagian dari PO Qitarabu Trans yang berdiri sejak tahun 2009. Selain bermarkas di Kota Bandung, PO Qitarabu juga telah membuka kantor cabang di Palembang sejak akhir tahun 2015.

Sejumlah armada kesan premium sengaja disediakan PO yang fokus di bisnis bus pariwisata ini. Khusus PO Zaffina, armada yang digunakan untuk memanjakan pelanggan setianya merupakan bus besar. Bus-bus besutan karoseri Adiputro, Malang terlihat menghiasi garasi mereka. Mulai dari bus tipe Jetbus 2 SHD dan HDD hingga Jetbus 3 SHD yang belum lama ini rilis. Dengan kapasitas 47 tempat duduk, bus-bus mereka juga dilengkapi selimut, bantal, wifi, AC, dua LCD TV besar, fasilitas karaoke, colokan charger, smoking room, dan toilet.

Saat ini sejumlah bus-bus besar Zaffina menggunakan chassis Mercedes Benz dan Hino. Unuk mesin Mercy PO ini mengandalkan seri OH 1526 dan OH 1626. Sementara untuk mesin Hino menggunakan seri RK 8 RN260 seperti Jetbus 3 armada baru mereka. Walau tidak sespesial chassis Mercedes Benz dan Scania, chassis Hino seri ini sudah menggunakan air suspension system. Kenyamanan seri mesin ini dapat diadu dan dijamin dapat memulaskan tidur para penumpangnya.

Livery PO Zaffina termasuk unik. Setiap armada yang mereka miliki pasti dihiasi kata-kata yang khas. Contohnya di armada terbaru mereka, "Queen Yenneke". Caption seperti "My Beloved Angel, Gift From GOD", "#BusPunya Nunna", "Singing Dancing Slepping Zaffina" ada di sana.

Bahkan livery di setiap armada memiliki motif batik yang berbeda-beda. Seperti Batik Sasirangan dari Banjarmasin ada di armada "Baby R", Batik Angso Duo dari Jambi ada di armada "Kamilla", Batik Jalak Harupat dari Bandung ada di armaada "Baby Queen", Batik Gentongan dari Madura ada di armada "Baby Tayo", dan Batik Tifa Honai dari Papua ada di armada "Baby Cinta". Sentuhan-sentuhan khas ini tidak lepas dari pemilik PO Zaffina yaitu Ibu Tita. Nama-nama bus yang disematkan juga terinspirasi dari nama putri-putri beliau.

Silahkan dikreasikan. Disarankan, pola ini diprint di kertas ukuran A4 dengan tipe kertas Blues White (BW) 260 gr. Selamat mencoba.




Link : https://drive.google.com/open?id=1tEn-z_9ebEwXOJNPeL8n9snhRaXRM8sE

2 comments: