Thursday, March 10, 2016

Biskertas - Sempati Star Double Decker

PO ini konon ceritanya merupakan salah satu perusahaan dengan kualitas armada bus yang sueper. Sempati Star telah beroperasi sejak tahun 1990-an dengan nama Bintang Sempati. Namun kejayaan PO ini terus meredup hingga puncaknya tidak beroperasi di tahun 2011-2012. Pada tahun 2012, Sepakat Group, yang juga memiliki PO bernama P.M.T.O.H mengambil alih PO Bintang Sempati dan mengubah namanya menjadi Sempati Star. Bermarkas di Kota Medan, Sumatera Utara, Sempati Star beroperasi sejak tanggal 17 Sepetember 2012 dengan bekal 6 unit armada bus bermesin MB OH 1626.

Seiring berjalannya waktu, PO ini terus mengembangkan bisnisnya hingga dapat menambah banyak armada baru. Armada-armadanya pun tidak main-main. Mesin yang digunakan diantaranya Mercedes Benz tipe OH 1526, OH 1626, OH 1830, O500R 1836, OC500 RF2542 dan Scania tipe K360iB, K360 Opticruise. Hingga saai ini mereka masih mempercayakan kualitas body busnya pada perusahaan karoseri di Malang, Jawa Timur, Karoseri Adiputro. Armada terakhir yang baru saja rilis dari Adiputro yaitu Jetbus SHD dengan mesin Scanis K360 dan Jetbus SDD dengan mesin MB OC500 RF2542. Diawali dua unit Jetbus SHD diboyong dari Malang menuju tanah rencong, Aceh via jalur darat. Bulan Maret ini giliran bus tingkat Jetbus SDD menyusul ke sana. Bus tingkat ini unik karena baru ada dua unit di Indonesia. Selain yang baru saja diboyong ke Aceh, satu unit lainnya pernah dipamerkan di pameran internasional GIIAS di Indonesia Convention Exhibition di BSD City tahun 2015 kemarin. Keduanya kini bermarkas di PO Sempati Star ini.

Kali ini saya bagikan pola Jetbus SDD Sempati Star versi teranyar. Sebelumnya pernah saya bagikan pola serupa, pola Jetbus SDD yang sempat dipamerakan di GIIAS dengan tampak livery sebelum laku terjuat oleh perusahaan ini. Ada sedikit perubahan yang saya buat di pola kali ini. Pertama, kemiringan kaca bagian atas yang saya buat lebih condong. Kedua, pelek bannya yang saya buat asli dari pelek ban keluaran Mercedes Benz versi telanjang, sebelum ditutup penutup pelek. Ketiga, sekat antar kaca di bagian depan bis saya buatkan ornamen tambahan, sehingga jika dipasang dapat menimbulkan efek menonjol.

Disarankan, pola ini diprint di kertas ukuran A4 dengan tipe kertas Blues White (BW). Selamat mencoba.



8 comments: