Tuesday, April 10, 2018

Biskertas - PO Gunung Harta Jetbus 3 SHD

Gunung Harta. Dua kosakata yang identik dengan bukit emas, perak, intan, atau permata. Namun bukan kesemuanya, Gunung Harta merupakan perusahaan otobus (PO) dari Pulau Dewata, Bali. Sesuai dengan namanya, PO ini sedang sangat berkilau bak emas (harta). Jika sebelumnya ada PO Pariwisata Purnayasa yang juga berasal dari Bali. Namun Gunung Harta memiliki segmen bisnis yang lebih luas. Tidak hanya menyediakan bus pariwisata, awal mulanya PO ini justru sudah fokus pada layanan bus dengan trayek.

Seperti yang dituliskan di laman ayonaikbis.com, PO Gunung Harta didirikan I Wayan Sutika sejak tahun 1993. Ketika awal berdiri, Gunung Harta baru menyediakan layanan trayek jarak dekat, yaitu Denpasar-Gilimanuk.  Selang dua tahun, baru trayek lebih jauh dibuka. Bahkan di tahun 2004, PO ini sudah menambah armada bus besar hingga sebanyak 40 unit. Armada ini mereka gunakan untuk melayani sejumlah trayek seperti, Denpasar-Gilimanuk (PP), Denpasar-Jember (PP), Denpasar-Surabaya (PP), Denpasar-Malang (PP), Denpasar-Solo-Yogyakarta (PP), Denpasar-Semarang-Jakarta (PP), dan Denpasar-Madiun-Maospati-Ponorogo (PP). Tidak hanya itu, sejak saat itu Gunung Harta mulai merambah layanan bus pariwisata dan paket kilat.

Dua tahun terakhir, PO ini membuka trayek baru yaitu Jakarta-Malang. Sebelumnya PO-PO lain sudah cukup lama juga melayani trayek ini seperti Kramat Djati, Lorena, Pahala Kencana, dan Medali Mas. Namun Gunung Harta membuat gebrakan dengan suguhan armada-armada premium. Strategi ini dilakukan untuk memikat pelanggan di trayek yang terkenal ramai ini. PO yang identik dengan armada berwarna hijau mudanya kini banyak menggunakan chassis Mercedes Benz OC500RF 1836, Mercedes Benz OC500RF 2542, Scania K360, hingga Scania K410. Walau juga ada mesin Hino dan Golden Dragon yang turut melengkapi armada mereka.

Pasca karoseri kenamaan dari Malang, Adiputro Wirasejati meluncurkan model terbarunya Jetbus 3, PO ini tidak mau ketinggalan. Gunung Harta terpantau telah membangun sejumlah armada baru menggunakan body terbaru dari Adiputro. Salah satunya bus jetbus 3 SHD triple axis berchassis Mercedes Benz OC500RF 2542, seperti model biskertas kali ini.

Silahkan dikreasikan. Disarankan, pola ini diprint di kertas ukuran A4 dengan tipe kertas Blues White (BW) 260 gr. Selamat mencoba.


Link : https://drive.google.com/open?id=1-Zo8Ttd71F6hqlK51cD0usxWpKCMGwRD

10 comments: