Friday, July 13, 2018

Biskertas - PO Gege Transport Jetbus 2 MD

Bermarkas di Jalan Ketandan Tengah, Imogiri, Bantul, PO. Gege Transport mulai berdiri sejak tahun 2004. PO ini melayani divisi bus pariwisata dengan rute tujuan Jawa, Bali, Lombok, hingga Sumatera bagian selatan. Awal mulanya balutan armada-armada Gege berwarna putih mutiara dengan logo menyerupai laba-laba. Namun sejak tahun 2011, berubah menjadi warna smoke atau hitam metalik seiringan dengan setiap peremajaan armada yang rutin mereka lakukan. Logo yang disematkan di setiap armada Gege memiliki cerita dan semangat. Logo laba-laba memiliki cerita konon di mana hewan berkaki delapan ini berhenti, di sana ia akan membuat rumah. Analogi ini diharapkan juga muncul di PO ini yaitu di mana Gege berhenti, di sana mereka merasa seperti di rumah sendiri.

Hingga tahun 2015, PO ini telah memiliki setidaknya 42 unit armada bus besar dan juga 4 unit bus sedang. Karoseri yang sering mereka andalkan diantaranya Adiputro, Laksana, dan New Armada. Sementara untuk chassis/mesin tidak perlu diragukan lagi. Bus-bus besar mereka tidak hanya menggunakan Hino tipe R260 dengan air suspension system, namun juga sejumlah tipe mesin Mercedes Benz seperti OH 1526 dan OH 1626. Umur mesin-mesinnya tidak ada yang lebih dari 10 tahun. Paling tua produksi tahun 2011. Sementara di bab perawatan armada, PO ini perlu diacungi jempol sebesar jempol gajah. Terlihat semua armada Gege selalu terlihat kinclong, walau itu armada yang sudah cukup tua sekalipun. Seperti sejumlah bus tipe Jetbus HD seri pertama, masih banyak yang ciamik.

Kali ini saya bagikan pola salah satu armada PO ini. Namun bukan armada bus besar, melainkan armada bus medium yang termasuk baru menghiasi garasi mereka . Bus Jetbus 2 MD produksi karoseri Adiputro Wirasejati di Malang tahun 2015. Dengan konfigurasi kursi 2-2, bus tipe ini dapat menampung penumpang sebanyak maksimal 31 orang. Sementara untuk kekuatan laju bus ini biasanya ditopang mesin besutan Mitsubishi, Toyota, ataupun Isuzu. Khusus untuk armada Gege ini saya belum nemu info menggunakan mesin apa, silahkan bagi temen-temen yang tahu bisa meninggalkan comment di bawah.

Silahkan dikreasikan. Disarankan, pola ini diprint di kertas ukuran A4 dengan tipe kertas Blues White (BW) 260 gr. Selamat mencoba.




Link : https://drive.google.com/open?id=1RQqneB6LZXbGeEGfn1_Lzm1DTvmg-kq8

9 comments: