Friday, March 11, 2016

Biskertas - Sempati Star Super High Decker

Sebelum bis tingkat Jetbus SDD pesanan PO Sempati Star rilis dari Adiputro dan diboyong menuju Aceh, bus versi tinggi Jetbus SHD telah rilis terlebih dahulu. Bus ini memiliki livery sama persis dengan yang kakak sepersusuanya. Latarnya berwarna kombinasi kuning dan merah. Dilengkapi beberapa bintang dengan selendang warna merah dan putih. Sempati Star nampaknya memang memiliki jiwa nasionalis yang tinggi :)

Bus versi ini sebenarnya mirip dengan bus Jetbus versi HD yang sebelumnya biasa diproduksi Adiputro. Yang membuatnya berbeda yaitu tinggi bagasinya yang sengaja dibuat lebih tinggi. Bahkan saking tingginya, bagasi bus ini dapat menampung beberapa motor dan sepeda. Itu salah satu keuntungannya, namun konsekuensinya tidak lain adalah kegesitannya di jalanan. Selain beban bus menjadi lebih berat, tinggi bus yang lebih jangkung membuatnya harus berhati-hati melawati jembatan-jembatan yang sering melintang di banyak jalan di Pulau Jawa. Namun karena bus ini tugas konvoinya di Sumatera, sepertinya hal itu tidak menjadi masalah.

Template pola bus ini saya modifikasi dari pola bus yang sebelumnya pernah saya buat. Bus itu adalah bus K360 yang pernah menemani MB OC500 RF2542 Double Decker di pameran GIIAS ICE BSD City tahun 2015 lalu. Namun saat ini dua sahabat itu harus terpisah jauh. Si SDD di Aceh dan SHD di Jawa Timur tepatnya di garasi PO Pandawa 87.

Disarankan, pola ini diprint di kertas ukuran A4 dengan tipe kertas Blues White (BW). Selamat mencoba.



Link : https://drive.google.com/open?id=0ByS-CDvhpGxHdGw4d2xXM0tVRlU

6 comments: