Monday, August 28, 2017

Biskertas - City Bus Jetbus 2+ SDD Open Roof

Jauh dari Malang, Jawa Timur, perusahaan karoseri PT. Adiputro Wirasejati kembali meluncurkan armada terbarunya. Armada ini dipertontonkan di ajang pameran otomotif terbesar di Indonesia, Gaikindo Indonesia International Autoshow 2017 (GIIAS). Terdapat empat armada yang dipamerkan. New Jetbus Jumbo MC, dua buah bus chassis panjang Jetbus 2+ SHD panoramic, dan sebuah bus tingkat untuk city tour.

Selain Jetbus MC dengan balutan model body barunya, bus tingkat yang dihadirkan kali ini sangat unik. Setengah atas bagian depannya sengaja dibuat terbuka. Berbeda dengan bus tingkat yang pernah dibuat Adiputro sebelumnya, kursi yang dipasang di bus ini tidak terlalu mewah sesuai dengan standar city bus di berbagai belahan dunia. Kursi plastik dengan balutan berlapis kulit berwana merah menghiasi interior bus ini. Total kursi yang dipasang sebanyak 68 buah, terdiri dari 58 kursi di lantai atas dan 10 kursi di lantai bawah. Model ini sebenernya mirip dengan city bus Werkudara yang sudah beroperasi di kota Surakarta sejak tahun 2011. Namun yang membuatnya berbeda, city bus buatan karoseri Tri Sakti di Magelang ini terbuka di atas bagian belakangnya dengan ditambahkan kanopi.

Adiputro membuat keempat armada terbarunya dengan nuansa warna merah. Hal ini sengaja dibuat karena waktu berlangsungnya pameran bertepatan dengan HUT kemerdekaan Indonesia ke-72. Bahkan khusus city bus, kombinasi warna yang digunakan berpadu antara merah, putih, dan abu-abu. Logo "72 tahun Indonesia kerja bersama" juga disematkan di semua armada yang dipamerkan.

Mirip dengan sejumlah bus baru yang dioperasikan PT. Transportasi Jakarta atau Transjakarta, mesin Scania seri K310 disematkan di city bus besutan Adiputro ini. Ukuran chassis ini lebih besar dari bus biasanya. Jika panjang maksimal bus biasa 12 meter, Scania K310 ini dapat mencapai 13,5 meter. Chassis ini berkonfigurasi tiga axle 6x2. Oleh karenanya walau sangat panjang, bus ini dapat bergerak fleksibel karena roda bagian belakang dapat berbelok menyesuaikan arah belok roda bagian depan. Menengok di bagian kaki-kaki, suspensinya sudah menggunakan sistem angin atau air suspension sehingga sudah pasti penumpang yang menaiki bus ini akan merasa nyaman . Dengan kapasitas mesin sebesar 9.300cc, bus ini nantinya dapat cukup bertenaga melahap jalanan perkotaan yang relatif datar.

Disarankan, pola ini diprint di kertas ukuran A4 dengan tipe kertas Blues White (BW). Selamat mencoba.



Link : https://drive.google.com/open?id=0ByS-CDvhpGxHOUlfLVRmWjMxR3c

9 comments: