Sunday, August 27, 2017

Biskertas - Isuzu Elf Long Harapan Jaya

Tidak hanya berkecimpung di divisi bus malam, PO Harapan Jaya (HJ) juga memiliki divisi pariwisata dengan sejumlah pilihan jenis armada. Kali ini saya bagikan pola yang paling mungil dari pola-pola yang pernah dibuat, Isuzu Elf long chassis. Kebetulan armada jenis ini sudah digunakan PO HJ untuk mendukung divisi pariwisata mereka sejak tahun 2009. Selain Elf, ada juga bus besar baik dengan AC maupun non-AC yang mereka sewakan untuk wisata.

Sebenarnya jenis Elf long chassis ini tidak 100 persen sesuai dengan armada yang digunakan PO HJ. Karena mereka menggunakan Elf versi lebih pendek. Namun memang ini semacam improvisasi saya, karena memang foto-foto detail yang tersedia di Mbah Google paling banyak versi long chassis, ya sudah saya buatkan versi ini saja. Kalau ditanya dibuat dari karoseri mana, saya tidak bisa jawab. Karena saya comot dari berbagai model karoseri. Saya juga masih bingung bagaimana membedakan khas model Elf di masing-masing karoseri, karena menurut saya modelnya hampir sama semua.

Isuzu Elf NKR 55 LWB mikrobus memiliki kapasitas mesin 2.800 cc. Selain untuk armada wisata, model ini juga banyak digunakan sebagai armada travel dan ambulan. Panjang chassisnya dapat mencapai 5,5 meter dengan lebar 1,7 meter. Jika sudah dirakit, interiornya dapat menampung maksimal 20 penumpang. Lumayan banyak ya.

Disarankan, pola ini diprint di kertas ukuran A4 dengan tipe kertas Blues White (BW). Selamat mencoba.


Link : https://drive.google.com/open?id=0ByS-CDvhpGxHclJ4T29rcGdmSDg

3 comments:

  1. Ijin edit ya? Oh iya klo sempet buatin pandawa 87 avante yg lainya kapan kapan ajah ya?

    ReplyDelete
  2. Apakah boleh di perjualbelikan ketika sudah di cetak menjadi lembaran??

    ReplyDelete