Monday, March 20, 2017

Biskertas - Laju Prima Jetbus SHD

Merupakan anak perusahaan dari Hiba Utama Grup, PO Laju Prima kini telah melayani sekurangnya 30 trayek perjalanan dalam dan luar kota. Sejarah panjang menghiasi PO ini hingga kini dapat menjadi kepercayaan banyak pelanggan setianya. Di awali tahun 2000, Laju Prima memulai perjalanan cukup pendek dari Sukabumi-Pulogadung. Armada yang digunakan merupakan armada-armada milik Hiba Utama divisi pariwisata. Kemudian tahun 2002, trayek baru dibuka dari Merak-Bandung dan Merak Kampung Rambutan. Beberapa trayek ini tampaknya waktu itu mendapat respon yang sangat baik. Trayek pendek ini sengaja diambil untuk mengukur kemampuan manajemen mengatur armada-armada mereka sebelum kemudian terjun di trayek yang lebih jauh lagi.

Benar adanya, beberapa tahun kemudian Laju Prima membuka trayek-trayek baru dengan jarak yang cukup jauh seperti jurusan Bandung-Jambi, Ciputat-Ponorogo, Jakarta Mdura, Jakarta-Malang dan masih banyak lagi. Armada yang dioperasikan di setiap trayek sengaja tidak banyak, karena menurut Ossy Sutedja, Manajer Operasional PO Laju Prima mengadakaan banyak armada di satu trayek yang sama akan menimbulkan banyak masalah. Sehingga waktu itu mereka memilih untuk melihat respon pelanggan di jalur yang disediakan sembari evaluasi terus dilakukan di masing-masing jurusan. Pengalaman kurang baik pernah dialami Laju Prima, ketika trayek Jakarta-Padang dan Jakarta-Palembang mereka buka di tahun 2002. Gempuran harga promo pesawat yang murah, membuat kedua jalur perjalanan ini tidak bertahan bahkan hingga satu tahun saja. Kini selain melayani 30 trayek, terdapat 100 unit Laju Prima hilir mudik menemani perjalanan penumpang setia bus di sekitar Pulau Jawa.

Spesial untuk PO ini, saya bagikan pola Laju Prima versi armada terbaru mereka. Jetbus 2 SHD dengan livery khas mereka, warna dasar putih dengan guratan warna biru, oranye, dan kuning membentuk kepala burung. Ditopang dengan mesin Hino RK8, bus Laju Prima seri terbaru ini bakal bandel dan dapat melaju kencang baik di jalan datar maupun menanjak. Ditenagai mesin diesel 6 silinder dengan kapasitas 7684 cc, mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 260 tenaga kuda. Selain tenaganya yang gahar, konon suspensinya juga cukup lembut sehingga jelas dapat menambah kenyamanan para penumpangnya. Asal jangan sopirnya, takut ketiduran waktu nyopir. Hehe.

Disarankan, pola ini diprint di kertas ukuran A4 dengan tipe kertas Blues White (BW). Selamat mencoba.




Link : https://drive.google.com/open?id=0ByS-CDvhpGxHSmNBdnlSRkNpNEU

4 comments:

  1. Mau tanya, roda bis nya itu permanent/berhenti terus atau#bisa diputar/bergerak?#kepo #takut_salah

    ReplyDelete