Thursday, March 16, 2017

Biskertas - Pandawa 87 Jetbus SHD

Halo temen-temen semua. Maaf lama sekali tidak update pola-pola baru. Maklum, pegawai yang rajin bekerja dan sangat patuh kepada atasan. Jadi ya hobi ini sedikit terlupakan. Hehe. Kali ini saya bagikan pola yang sebenarnya sudah cukup lama saya buat, Pandawa 87 berbalut body Jetbus SHD. Bis ini ditanamkan mesin yang terbilang cukup langka, Mercedes Benz OH 1863. Blok tipe mesin ini cukup besar sehingga posisi pintu belakang diletakkan di tengah body. Bis ini merupakan salah satu armada baru dari beberapa bis premium yang sempat diborong PO yang bermarkas di Pasuruan, Jawa Timur. Setiap bis Pandawa 87 ini diberikan nama yang berbau sangat jawa sekali, yaitu nama-nama wayang. Ada yang bernama Hanoman, Arjuna, Nakula, Sugriwa, Subali, dan masih banyak lagi. Penamaan ini tidak lepas dari profil sang pemilik bus.

PO yang berdiri sejak 17 April 2014 ini dimiliki oleh H. Gunawan Agung Aprilianto, SE. Pak Agung ini merupakan lima bersaudara dan semuanya laki-laki. Tidak hanya itu, diantara kelimanya terdapat dua saudara kembar yaitu H. Tinton Harfianto, SE dan H. Anton Hardianto, SE. Kondisi ini sangat mirip dengan kisah pewayangan Pandawa yang terdiri dari Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sadewa. Kesemuanya laki-laki dan Nakula Sadewa adalah saudara kembar. Terinspirasi dari kisah pewayangan itu, Pak Agung memberikan nama Pandawa 87 untuk perusahaan otobusnya. Sedangkan angka 87 juga memiliki filosofi dan harapan. Angka 8 merupakan simbol angka yang tak berujung, sedang angka 7 dalam bahasa Jawa sama dengan pitu atau singkatan dari kata pitulungan (pertolongan). Angka 87 mengartikan rejeki, pertolongan dari yang di atas tanpa ujung atau tidak pernah putus.

Pandawa 87 menyediakan beberapa tipe armada sesuai dengan kebutuhan pelanggannya. PO yang memfokuskan bisnisnya untuk bus pariwisata ini menyewakan bis ukuran besar, medium, dan juga ukuran kecil (ELF). Selain berbagai tipe mesin Mercy yang mereka gunakan, ada juga Scania K360 yang turut melengkapi armadanya. Salah satunya bis yang dibeli PO ini ketika GIIAS 2015. Koleksi bis-bis Pandawa 87 banyak dibalut dengan warna hijau dan biru. Selain itu ada juga bis Mercy OH 2542 berwarna merah maron, salah satu bis yang juga dibeli Pandawa 87 ketika IIMS 2014. Bis ini merupakan satu dari dua armada mereka yang beraxis 3, selain satu armada lagi dengan mesin Scania K410.

Disarankan, pola ini diprint di kertas ukuran A4 dengan tipe kertas Blues White (BW). Selamat mencoba.





6 comments:

  1. Waah, udah bikin yang baru mas, lama banget yang nunggu akhirnya keluar juga. Ijin download ya mas makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan bro... Makasih sudah setia ama blog ini..

      Delete
  2. Mas kalo saya rakit trs tak jual boleh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya jangan. Kan itu ada logo biskertas dan namaku. Kecuali kalo kamu buat livery baru desain sendiri, pake dasar pola dari blog ini gpp kalo mau dijual.

      Delete
  3. bro tolang bikinin bus lorena double decker ya bro

    ReplyDelete
  4. Mas kalo mau di cetak pake harus pake kertas apa ya

    ReplyDelete