Friday, March 17, 2017

Biskertas - Transjakarta Vintage Edition

Siapa tidak mengenal moda transportasi Transjakarta. Saking terkenalnya bahkan angkutan ini kini menjadi salah satu icon ibukota negara Indonesia tercinta kita. Sejak beroperasi tahun 2004, Transjakarta telah memikat banyak hati warga ibukota. Tahun 2016 saja, tercatat penumpang busway mencapai 123,7 juta orang. Luar biasa bukan. Hingga tahun 2013, sudah ada 12 dari 15 koridor yang menurut rencana akan dibuka untuk melayani perjalanan hilir mudik penumpang di ibukota dan sekitarnya.

Dari tahun ke tahun armada transjakarta terus ditambah. Hal ini dilakukan tidak lepas untuk memenuhi kapasitas penumpang yang dirasa belum memadahi. Belum lama ini, manajemen bis kopaja AC turut diambil alih PT. Transjakarta dan kini dijadikan bis medium untuk menjangkau daerah-daerah satelit di luar Jakarta. Semenjak pemerintah daerah yang baru ini, armada-armada kualitas di atas rata-rata dihadirkan di sepanjang jalur busway. Selain jejeran bis bermesin Mercy, juga tersedia sejumlah bis dengan topangan mesin Scania. Bis-bis ini jelas rasanya lebih nyaman dibandingkan bis-bis rakitan dari negara tirai bambu yang sebelumnya sudah melengkapi koleksi armada Transjakarta.

Akhir-akhir ini PT Transjakarta melakukan inovasi yang menurut saya sangat unik. Ketika banyak PO bis mencoba mendesain livery bisnya dengan desain grafik modern dan warna-warni, namun tidak dengan Transjakarta. Mereka sengaja menyediakan bis baru  dengan balutan livery versi klasik alias jadul. Seperti pola yang saya bagikan kali ini. Bis bermesin Mercedes Benz 1526 ini menggunakan desain body buatan karoseri Laksana khas model citybus. Desain warna nya menyerupai bis PPD (PT. Pengangkutan Penumpang Djakarta) yang pernah berjaya dan sangat terkenal sebagai salah satu moda transportasi darat di DKI Jakarta.

PPD merupakan pioneer angkutan bis di DKI Jakarta. Dimulai sejak tahun 1920, perusahaan ini awalnya bernama Bataviach Elektrische Maatschappij (BVMNV) bergerak di usaha angkutan trem dan dikelola oleh Belanda. Tahun 1954, baru pemerintah melakukan nasionalisasi dan mengubahnya menjadi Perseroan dengan nama PT. PPD. Selama 25 tahun, dari tahun 1965 hingga 1990 PPD sangat berjaya dan menjadi tulang punggung transportasi di DKI Jakarta. Sejumlah jenis bis dimilikinya, dari bis Mercy O 321 H, Mercy O302, hingga bis tingkat Leyland Titan. Kejayaan PPD ditandai dengan bergabungnya sejumlah perusahaan bus kota swasta ke PPD di tahun 1985. Olehnya, armada PPD semakin banyak dan semakin mantap melayani perjalanan penumpang-penumpang setianya.

Disarankan, pola ini diprint di kertas ukuran A4 dengan tipe kertas Blues White (BW). Selamat mencoba.




17 comments:

  1. Mas, kalo bisa buat Maju Lancar Avante ya mas, tak tunggu. Makasih

    ReplyDelete
  2. Ijin edit pola Transjakarta nya mas

    ReplyDelete
  3. Buat yang Trans Jakarta Scania K310(6×2) dong...

    ReplyDelete
  4. Mas, izin edit pola TJ nya ya

    ReplyDelete
  5. mas,tolongin bikin pola bus lorena ya hehehe.......terima kasih ya
    dah mas

    ReplyDelete
  6. sama bikin bus agramas double decker ya

    ReplyDelete
  7. Mas minta pola polos vintage series

    ReplyDelete