Wednesday, July 19, 2017

Biskertas - Harapan Jaya Avante

PO Harapan Jaya merupakan salah satu perusahaan bus tua di Indonesia. PO yang bermarkas di Tulung Agung, Jawa Timur ini didirikan tahun 1977 oleh Harjaya Cahyana. Awal mula beroperasi, Harapan Jaya masih menggunakan tiga unit bus dengan trayek perjalanan Tulung Agung-Kediri-Surabaya (PP). Kemudian tahun 1993 berkembang dengan membuka trayek yang lebih jauh, Tulung Agung-Jakarta (PP). Kini jalur perjalannya makin bervariasi, keberangkatan dari Jakarta/Tangerang/Bogor menuju Jawa Timur diantaranya Blitar, Kediri, Ponorogo, Magetan, Sragen, dan Madiun.

Terdapat tiga divisi yang disediakan PO ini. Pertama, divisi bus malam yang terdiri dari kelas bus super luxury, executive, VIP, dan PATAS. Khusus kelas super luxury, hanya tersedia sebanyak 22 kursi dalam satu bus. Dalam satu baris, disusun kursi 2-1 sehingga penumpang akan merasakan ruang yang sangat lega. Selain itu armada yang digunakan merupakan armada dengan chassis premium, Scania K360iB dengan balutan body besutan Karoseri Tentrem jenis Avante. Kedua, divisi bus surabaya yang melayani trayek pendek dari Trenggalek-Tulung Agung-Surabaya (PP). Bus ini beroperasi 24 jam melalui jalur Kertosono atau Pare. Hanya ada dua kelas bus yang dikeluarkan yaitu kelas bus PATAS dan ekonomi. Terakhir divisi pariwisata yang dapat melayani perjalanan wisata mencakup Sumatera-Jawa-Bali-Lombok. Armada yang digunakan di divisi ini ada tiga jenis. Bus pariwisata AC, Non AC, dan armada yang lebih kecil ELF dengan total hanya 12 kursi.

Pola bus kali ini masuk dalam divisi bus malam kelas super luxury jurusan Blitar-Jakarta (PP). Dengan mesin Scania tipe K360 iB, bus ini berkapasitas 12.700 cc, tenaga maksimal 360 hp dan torsi maksimum 1.750 nm. Suspensi yang ditanamkan sudah menggunakan sistem udara, sehingga selama perjalanan penumpang pasti akan merasakan kenyamanan melebihi bus lainnya. PO Harapan Jaya memang tidak menyeragamkan aramada-armadanya dengan balutan body yang sama. Kali ini body buatan karoseri yang berlokasi di Malang, Avante menjadi pilihan bos Harapan Jaya untuk armada seri paling mewah mereka.

Disarankan, pola ini diprint di kertas ukuran A4 dengan tipe kertas Blues White (BW). Selamat mencoba.




Link : https://drive.google.com/open?id=0ByS-CDvhpGxHRGNyQngtZlVhZEE

12 comments:

  1. sedikit kritik dan koreksi. Untuk keseluruhan sudah bagus, tetapi harap koreksi pada bagian face samping untuk kaca bagian bawah lain kali dibuat agak "jenong". Bukan bermaksud untuk menyindir. Dan hanya bermaksud menyampaikan kritik dan saran .Atas perhatiannya saya ucapkan "Thanks very much"

    ReplyDelete
  2. Mas, izin save ya, keren banget mas polanya, ditunggu selanjutnya ya mas

    ReplyDelete
  3. Mas update pola po haryanto shd hdd sama g3 zeppelyn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang Zeppelin sudah ya.. Yang Jetbus ditampung ya..

      Delete
  4. ini nih yang saya cari,makasih banyak mas...semoga berkah...oh ya kalo sempat request mulyo indah dong mas.tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga memacu kreatifitas ya.. Oke ditampung Mulyo Indahnya..

      Delete
  5. Mas izin save yaw ....moga REZEKI makin bertambah..aamiin

    ReplyDelete
  6. Mas buat body max hdd Harapan jaya donk

    ReplyDelete