Monday, July 3, 2017

Biskertas - Putera Mulya Legacy SR2 XHD

Selain si jangkung double decker, PO Putera Mulya juga memiliki armada yang tidak kalah keren. Bus ini berbalut body dari karoseri Laksana seri Legacy SR2 XHD dan bermesinkan Scania K360 iB. Trayek yang ditawarkan sama dengan armada bus tingkat, berangkat dari Jakarta hingga tujuan akhir Wonogiri. Dari Terminal Grogol Jakarta Barat, bus SR2 ini dijadwalkan berangkat pukul satu siang setiap harinya dan sampai di Terminal Giri Adipura Wonogiri pagi benar di keesokan harinya.

Sudah ada banyak PO yang menggunakan body untuk menghiasi armada-armada yang mereka miliki. Sebut saja PO M Trans, PO Raya, dan PO Tami Jaya. Bentuk body ini sebenarnya mirip dengan Legacy SR2 HD yang pernah dipamerkan di ajang pameran GIIAS 2016. Namun tipe ini adalah XHD yang memiliki tinggi lebih menjulang dengan kaca depan ganda. Mirip seperti body buatan Adiputro, yaitu antara Jetbus HD dan Jetbus SHD.

Namun dari sejumlah PO yang menggunakan body yang sama, bus SR2 milik Putera Mulya lebih spesial karena mesin yang ditopangnya. Mesin buatan Swedia ini dijamin membuat penumpangnya merasakan kenyamanan di sepanjang perjalanan. Selain kapasitas mesin yang besar hingga tenaga yang dihasilkan sangat gahar, suspensi bus Scania sangat yahud karena sudah menggunakan suspensi bentuk balon/udara.

Mesin tipe ini sudah banyak diaplikasikan di beberapa jenis body dari sejumlah karoseri. Seperti model Jetbus SHD yang digunakan PO Gunung Harta, PO Sempati Star, PO Rosalia Indah, dan PO Harapan Jaya. Ada juga model New Skyliner besutan karoseri Rahayu Santosa yang digunakan PO Marissa Holiday dan PO Bintang Prima. Walau dibalut di berbagai macam body mesin ini sangat istimewa. Mesin ini bahkan kini dilirik banyak pengusaha bus karena karena kualitas mesin yang dapat diandalkan, ekonomis, handal, dan hemat bahan bakar. Oleh karenanya pengusaha PO dapat mengurangi biaya operasional.

Disarankan, pola ini diprint di kertas ukuran A4 dengan tipe kertas Blues White (BW). Selamat mencoba.


Link : https://drive.google.com/open?id=0ByS-CDvhpGxHNWVLajhNa0g4M1E

4 comments: